Metaverse Semakin Marak Dibicarakan, Perusahaan Apa Saja yang Sedang Mengembangkannya?

Saat ini semakin banyak orang yang membahas mengenai Metaverse. Ini merupakan versi canggih dari internet, di mana para penggunanya bisa merasa sedang berada di dalam dunia virtual. Saat sedang berada di dunia virtual ini, fisik kita merasa akan menyatu.

Namun, tentunya untuk bisa merealisasikan hal ini bukan merupakan hal yang mudah. Membutuhkan waktu dan upaya besar untuk dapat mencapainya. Kini ada beberapa perusahaan yang mulai membangun Metaverse.

Berikut ini adalah beberapa perusaah teknologi yang mulai mencoba untuk mengembangkan Metaverse. Siapa saja, ya?

1.Google

Perusahaan yang sedang mencoba mengembangkan Metaverse pertama yang kami bahas adalah Google. Sundar Pichai yang merupakan CEO dari Google mengatakan kalau Metaverse adalah evolusi komputasi yang memiliki cara imersif untuk menggunakan realitas semakin bertambah.

Google sendiri sudah memiliki fundamental untuk bisa membuat Metaverse melalui produk Google Glass merkea. Pada November 2021 lalu, mereka juga sudah mengembangkan VR dan AR baru melalui projek Starline.

2. Facebook (Meta)

Jika membicarakan perusahaan besar manakah yang paling gencar mempromosikan Metaverse, mungkin banyak orang akan setuju Facebook-lah perusahaan besar itu.

Bahkan mereka sudah mulai mengenalkan versi awal dari Metaverse yang mereka sebut dengan Horizon World. Kemungkinan akan ada beragam teknologi untuk membuatnya menjadi perusahaan paling depan dalam hal Meta.

Seperti VR Messaging, Project Cambira, dan juga Horizon Marketplace.

3. Microsoft

Microsoft sepertinya sudah siap untuk menyambut era Metaverse, bahkan mereka akan membuat platform yang bisa membuat para pengguna melakukan rapat virtual.

Ia memprediksikan kalau 3 tahun lagi, kemungkinan kantor-kantor mulai akan melakukan rapat di Metaverse. Ada pula di tahun 2022, mereka akan mengenalkan Mesh for Teams, di sana para pekerja bisa melakukan presentasi, mengobrol di dalam Meta, dan kegiatan ini bisa dilakukan tanpa harus datang ke kantor.

4. Binance

Binance diperkirakan akan menjadi salah satu fondasi kuat dari Metaverse, karena mata uang seperti kripto dan blockchain sangatlah penting. Harus ada platform yang mengatur keuangan di dalam Metaverse, Binance pun berusaha untuk bisa menyediakan infrastruktur yang berhubungan dengan itu.

Misalnya seperti Binance NFT Marketplace yang merupakan tempat bagi orang-orang untuk menjual-belikan secara virtual asset NFT dari beragam blockchain.

5.Tencent

Terakhir yang akan kami bahas adalah Tencent, di mana ada dua modal yang dimiliki mereka untuk bisa masuk ke Metaverse. Yaitu WeChat dan Tencent QQ.

Tencent QQ sendiri sudah terdapat gaming, musik, voice chat, dan e-commerse di dalam platform mereka.

Selain itu ada sistem pembayaran mobile yang terdapat di WeChat. Saat ini mereka juga sudah mulai untuk membangun platform Metaverse mereka.

Itulah beberapa perusahana besar yang saat ini sedang berusaha untuk mengembangkan Metaverse.